Aksi Solidaritas Anak Punk

Jakarta, tepat pada tanggal 17 desember 2011 sabtu lalu beberapa anak anak punk melakukan aksi solidaritas di daerah Bundaran HI, Jakarta. Dengan menggunting rambut mereka ala Mohawk. Aksi yang mereka lakukan bertujuan untuk memberikan solidaritas mereka kepada teman teman mereka sesama kaum marjinal (punk) yang berada di aceh karna mendapatkan perilaku yang melanggar HAM (hak asasi manusia) dari beberapa aparat kepolisian setempat.

Mereka mengatakan ”hentikan tindakan represif aparat kepada kami, kami bukan sampah. Tolong penangkapan teman-teman dihentikan, tolong tak ada lagi pemotongan rambut, pembotakan, kami jenuh dengan hal ini. Tak ada penyelesaian jelas untuk hal itu,” ujarnya.

Menurutnya, punk adalah bagian dari masyarakat yang sama-sama memiliki hak yang sama sebagai warga negara. Hanya karena dress code dan penampilan mereka yang agak berbeda dari masyarakat pada umumnya, mereka sering kali menjadi kambing hitam atas tindakan negatif yang belum tentu mereka yang lakukan. “Kami ingin ada bukti, kalau memang kami dirasa menganggu siapa yang menganggu, kami akan tindaklanjuti,”

Dan aksi demo serupa juga dilakukan saat hujan pada hari Sabtu di depan kantor penghubung Pemprov Aceh di Jakarta (jalan R.P. Suroso-Menteng). Aksi solidaritas ini menunjukan bahwa sesungguhnya hidup dan kebebasan adalah milik hak setiap insan yang hidup di dunia di bagian manapun. Tidak sepantasnya siapapun atau oknum manapun yang melarang kebebasan hidup manusia selama kebebasan itu tidak melanggar hukun dam mengganggu kebebasan manusia lain juga.

Aksi solidaritas yang dilakukan di sekitaran bundaran HI, Jakarta ini berjalan damai tanpa adanya huru hara karna mereka menganggap ini adalah aksi kemanusiaan dan harus dilakukan tanpa adanya aksi kekerasan meskipun teman teman mereka sesama punk di aceh mendapatkan perilaku yang tidak baik.

sumber: kompas.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s