China Mengetahui Lebih Dulu Soal Kematian Kim Jong-il

Seoul – China yang merupakan sekutu dekat Korea Utara (Korut) rupanya telah menerima kabar kematian Kim Jong-il lebih dulu. Duta Besar China untuk Korut disebut-sebut mendapat informasi intelijen soal meninggalnya Kim Jong-il pada Sabtu (17/12), atau dua hari sebelum pengumuman resmi dari pemerintah Korut.

Demikian seperti dilaporkan oleh surat kabar Korea Selatan (Korsel), JoongAng Ilbo dan dilansir oleh Reuters, Rabu (21/12/2011). JoongAng Ilbo sendiri menyebut informasi ini didapat dari sumber yang enggan disebut identitasnya.

Menurut sumber tersebut, Dubes China untuk Korut langsung melaporkan kepada pemerintah pusat di Beijing sesaat setelah mendapatkan informasi tersebut.

“Korea Utara memberitahukan kematian Kim kepada China melalui channel diplomatik pada hari itu juga,” ujar sumber tersebut.

Pada Selasa (20/12) kemarin, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Korsel memberikan pernyataan berbeda. Menurut juru bicara Kemlu Korsel Cho Byung-jae, China sama sekali tidak mengetahui kematian Kim Jong-il sebelum pengumuman resmi dari Korut.

Intelijen dan militer Korsel mendapat kritikan karena gagal mendapat informasi meninggalnya Kim Jong-il sebelum pengumuman resmi dari pemerintah Korut.

Kepala Badan Intelijen Nasional Korsel, Won Sei-hoon mengatakan kepada parlemen soal adanya kemungkinan China telah mendeteksi sinyalemen tersebut lebih awal, namun mereka tidak memverifikasinya lebih lanjut.

Terhadap hal ini, pemerintah China sendiri belum memberi tanggapan. Namun, sebelumnya pada tahun 2006 silam, pernah terjadi di mana pemerintah China mendapatkan pemberitahuan terlebih dahulu saat Korut hendak melakukan uji coba nuklir pertama kali. China telah mengetahui hal tersebut sekitar 20 menit sebelum uji coba dilaksanakan.

Pemimpin Korut, Kim Jong-il meninggal dunia pada 17 Desember karena terkena serangan jantung saat di dalam kereta. Namun, pemerintah Korut baru mengumumkan hal tersebut secara resmi pada 19 Desember. Sehari sebelumnya, yakni pada 18 Desember, telah dilakukan otopsi terhadap jasad Kim Jong-il untuk menyelidiki penyebab kematiannya. Dijadwalkan, upacara pemakaman Kim Jong-il akan digelar pada 28 Desember mendatang.

sumber: detiknews.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s