Tips Menjaga Kesehatan Mata

Ada aneka tips sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata.

Seperti kita ketahui, tak semua penyakit mata yang bisa dicegah, tapi Anda dapat melakukan tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko gangguan penglihatan sekaligus meningkatkan kesehatan mata. Ada beberapa tips sederhana untuk menjaga kesehatan mata yang dapat lakukan sehari-hari seperti yang telah kami rangkum dari She Knows.

1. Gunakan kacamata hitam
Memakai kacamata hitam yang dapat menghalau sinar ultraviolet (UV) hingga 100 persen bisa menunda terjadinya katarak. Ini terjadi karena mata terlindungi dari paparan sinar UV yang dipancarkan matahari.

Sinar UV ini dapat merusak retina mata, sehingga kacamata hitam alias sunglasses bisa melindungi mata sekaligus mengurangi risiko kanker kulit di sekitar mata. Pilihlah kacamata hitam yang telah memiliki sertifikasi melindungi mata dari sinar UV.

2. Berhenti merokok
Lebih banyak kerugian yang ditimbulkan merokok bagi kesehatan, salah satunya adalah kesehatan mata.

Kondisi age-related macular degeneration (AMD) adalah kondisi kehilangan pandangan di pusat penglihatan mata atau di daerah macula karena terjadi kerusakan pada retina.

Penelitian telah menunjukkan bahwa perokok dan mereka yang telah berhenti merokok memiliki risiko lebih besar untuk menderita AMD dibanding orang yang tak pernah merokok sama sekali. Selain itu merokok juga meningkatkan risiko katarak.

3. Pilih makanan yang tepat
Defisiensi alias kekurangan vitamin atau mineral juga dapat merusak fungsi retina. Dengan mengonsumsi aneka sayuran, terutama sayuran hijau amat penting bagi kesehatan mata.

Aneka studi menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi vitamin C dan E, seng, lutein, zeaxanthin, Omega-3, asam lemak DHA dan EPA, jarang sekali menderita AMD.

4. Memeriksakan mata
Jika  tak mendapatkan gejala atau berisiko menderita penyakit mata, bukan berarti Anda harus menyepelekan kondisi kesehatan mata. Segera lakukan pemeriksaan mata pada usia 40 tahun.

Pada usia itu pada umumnya akan terlihat penyakit serta perubahan pada fungsi penglihatan. Apabila  memiliki gejala atau sejarah keluarga dengan penyakit mata, diabetes atau tekanan darah tinggi, maka Anda harus mengunjungi dokter spesialis mata untuk melakukan pemeriksaan lanjutan.

5. Mencari tahu sejarah keluarga
Banyak penyakit mata dimulai karena sejarah keluarga. Dengan mengetahui sejarah kesehatan keluarga serta mendiskusikan masalah ini dengan anggota keluarga lainnya, maka kita dapat mengurangi risiko menderita penyakit mata atau kehilangan penglihatan serta aneka masalah lainnya.

6. Pencegahan sejak awal
Penyakit mata yang terkait dengan usia, termasuk katarak, diabetic retinopathy, glaukoma serta AMD diperkirakan bakal meningkat secara dramatis dari 28 juta penderita menjadi 43 juta di tahun 2020.

Padahal dengan melakukan diagnosa serta pencegahan dini penyakit ini sebenarnya bisa dicegah. Apabila dibiarkan, penyakit ini bisa mengakibatkan kerusakan penglihatan atau kebutaan.

7. Waspadai kelelahan mata
Apabila  merasakan mata Anda terasa lelah saat bekerja di depan komputer atau melakukan pekerjaan yang membutuhkan fokus, cobalah mengikuti aturan 20/20/20. Aturan ini adalah melepaskan pandangan ke arah lain sejarak sekitar 6 meter (20 feet) selama 20 detik setelah bekerja selama 20 menit. Jika mata masih terasa lelah, bisa jadi itu adalah gejala terjadinya masalah dengan penglihatan.

Masalah itu bisa seperti sindroma mata kering, presbyopia, atau lensa kacamata yang sudah tidak menempatkan fokus dengan tepat. Kunjungi dokter untuk mengetahui apakah Anda mengalami mata lelah atau justru membutuhkan perawatan lebih lanjut.

Sumber: She Knows

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s