Xavi: Busquets, Kunci Sukses Barca

Tokyo – Bagi Xavi Hernandez, kunci sukses Barcelona dalam tiga musim terakhir adalah Sergio Busquets. Tanpa Busquets, Los Cules tak akan bisa jadi seperti sekarang.

Lionel Messi, Andres Iniesta, Pep Guardiola dan Xavi sendiri, tentu adalah sosok yang paling sering disebut-sebut sebagai kunci dominasi Barca di sepakbola dunia sejak 2008. Total 13 dari 16 gelar hadir di lemari trofi mereka.

Tentu ini adalah pencapaian yang luar biasa dan mungkin sulit akan disamai tim lain. Apalagi permainan tiki-taka Barca saat ini hampir jadi panutan tim manapun. Tiga pemain di atas yang disebut adalah sumber permainanAzulgrana.

Tapi bagi Xavi, Busquets adalah sosok penting dalam skema permainan Barca. Kebetulan memang Busquets baru muncul di saat Pep memegang tim ini.

Dengan posisinya sebagai gelandang bertahan boleh dibilang Busquets tak sering mendapat sorotan, namun perannya sebagai pemain yang pertama memutus alur serangan lawan sangatlah penting.

Melihat skema permainan Barca yang aktraktif dan menyerang, Busquets dituntut untuk selalu bisa tampil prima menjaga keseimbangan tim. Maka tak heran jika pesepakbola 23 tahun itu jarang sekali dicadangkan oleh Pep.

Sudah 160 kali ia tampil bersama Barca sejak debut di tim seniornya dan lima gol disumbangkannya. Perannya pun juga vital untuk kesuksesan timnas Spanyol saat menjuarai Piala Dunia lalu.

“Tanpa Busquets kami mungkin tidak akan pernah mendapat seperti apa yang telah kami raih saat ini,” ujar Xavi seperti dilansir ESPN Star.

“Dia adalah pemain yang luar biasa dan tak pernah melakukan kesalahan,” simpulnya.

Melihat pentingnya peran Busquets itu, tak heran jika Barca sudah memagari lulusan akademi La Masia itu dengan kontrak hingga 2015 dan buy out clause senilai 150 juta euro.

sumber: detiksport.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s